Industry Trends 15 May 2020
Perubahan interaksi antara bisnis dan pelanggan selama krisis merupakan hal yang tidak terelakkan. Namun, bukan berarti tidak bisa disiasati agar hal tersebut tidak mencederai profitabilitas perusahaan secara keseluruhan. Sebelum bicara tentang bagaimana perusahaan menghadapi kondisi normal yang baru, ada baiknya jika perusahaan terlebih dahulu memetakan arahnya ke dalam tiga fase skenario: Masa Kini, Masa Recovery atau Penyembuhan; dan Normal yang baru.
Secara umum, terdapat lima skill/ keahlian utama yang harus dimiliki perusahaan untuk bisa menjalani ketiga fase di atas. Keahlian ini diharapkan berkembang seiring fase yang dijalani, tanpa menghilangkan spirit utamanya: bertahan. Adapun keahlian pertama adalah setiap pemimpin harus punya pola pikir fleksibel/resilient.
Pada fase ini, keterbukaan organisasi sangatlah penting agar manajemen bisa segera memutuskan kebijakan apa yang akan ditempuh tanpa mengorbankan terlalu banyak sumber daya penting.
Kedua, menjaga respon dan interaksi yang humanis. Virus COVID-19 yang sangat menular tentu membuat banyak orang lebih waspada dan cenderung enggan berinteraksi di keramaian. Bagi organisasi, kebutuhan dasar ini sudah harus menjadi SOP terbaru yang segera diterapkan agar seluruh karyawan merasa aman walaupun mereka harus tetap bekerja seperti biasa – bagi perusahaan yang tidak dapat sepenuhnya menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Kejelasan informasi dan kemudahan mendapat penanganan kesehatan harus menjadi prioritas, bahkan sampai fase terakhir (New Normal) dilakukan atau setidaknya sampai vaksin berhasil ditemukan.
Sedangkan kapasitas terakhir adalah, perlunya memiliki ekosistem yang lebih luas untuk melatih fleksibilitas organisasi. Semakin banyak exposure kepada tren, insight dan perubahan perilaku beragam konsumen di banyak ekosistem, perusahaan dapat memetakan potensi bisnis di masa depan.
Ditulis oleh: Neily Cholida
Getting closer to your costumer is important, but letting them get a taste of experience to learn your brand, is beyond greatness. We believe that as customers, could grow accustome to a certain loyalty toward brands. That at least, can be proven on my long lists of personal hygine brands in my bathroom, or basic staple foods in my kitchen! The key is to enabling your brand speaks wisdom and communications may boost the significance even bigger. As public relations agency, we understand the situation that you are going through. Check on our portfolio and brand new offering for ventures who wishes to kickstart the branding and communications strategy within the new normal.